Indonesia merupakan negara archipelago atau kepulauan yang dimana tiap pulau terdapat berbagai macam daerah,suku,dan bahasa daerah masing-masing yang kemudian melahirkan kebudayaan nya sendiri-sendiri yang sudah ada sejak zaman nenek moyang. Dari Sabang sampai Merauke mereka memiliki ciri khas kebudayaannya masing-masing. Kebudayaan dapat dilihat dari berbagai macam sudut pandang tentunya seperti yang paling sering adalah kita bisa melihat kebudayaan dari daerah lain yaitu dari pakaian yang mereka kenakan, tari-tarian tradisional, lagu tradisional, musik-musik tradisional , bahkan mungkin makanan-makanan khas dari daerah-daerah tertentu. Dan itu semua merupakan modal yang tak ternilai harganya yang kita miliki di Indonesia, yang seharusnya kita bisa melestarikan dan mengembangkan kebudayaan yang kita miliki selama ini, dan membuktikan kepada warga dunia bahwa kita sangat kaya akan kebudayaan. Walaupun negara kita lumayan jauh dibandingkan dngan negara-negara berkembang lainnya tetapi satu yang kita miliki dan tak ada saupun yang dapat menandinginya yaitu kebudayaan kita yang teramat kaya.
hmm..mari kita bicara tentang kebudayaan dari sudut pandang kesenian tradisionalnya yang ada di Indonesia. Kita semua sudah tahu bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan kebudayaan. Contohnya pulau Bali, merupakan salah satu pulau yang memliki berbagai kebudayaan didalamnya dan dikenal baik oleh dunia mancanegara. Bali memiliki acara rutin yang selalu diadakan setiap taunnya guna menarik perhatian wisatawan asing yang ingin mempelajari mengenai budaya indonesia. Contohnya Tarian kecak, pendet,dan acara-acara keagamaan lainnya seperti ngembak geni,tawur,pengrupukan dan melasti merupakan beberapa acara keagamaan yang sering diadakan tiap tahunnya.
Jika kita berbicara tentang kebudayaan yang ada di indonesia tentu tidak akan ada habisnya. Namun saya akan memberikan beberapa gambaran dari kebudayaan yang ada di Indonesia.
Tari Barong – Tari Bali
   keunikan-tari-barong1
Tarian ini merupakan peninggalan kebudayaan Pra Hindu yang menggun akan boneka berwujud binatang berkaki empat atau manusia purba yang memiliki kekuatan magis.
Topeng Barong dibuat dari kayu yang diambil dari tempat-tempat angker seperti kuburan, oleh sebab itu Barong merupakan benda sakral yang sangat disucikan oleh masyarakat Hindu di Bali. Pertunjukan tari ini dengan atau tanpa lakon, selalu diawali dengan pertunjukan pembuka, yang diiringi dengan gamelan. Ada beberapa jenis tari barong namun yang sering dipentaskan untuk konsumsi pariwisata yaitu jenis Baring Ket. Sakralisasi Barong & Rangda klik di sini
tari barongBarong Ket atau Barong Keket adalah tari Barong yang paling banyak terdapat di Bali dan paling sering dipentaskan serta memiliki pebendaharaan gerak tari yang lengkap. Dari wujudnya, Barong Ket ini merupakan perpaduan antara singa, macan, sapi atau boma. Badan Barong ini dihiasi dengan ukiran-ukiran dibuat dari kulit, ditempel kaca cermin yang berkilauan dan bulunya dibuat dari perasok (serat dari daun sejenis tanaman mirip pandan).
Tari ajat temuai datai dari kalimantan barat

provinsi ini mempunyai kebudayaan yang unik karena berbatasan langsung dengan negara tetangga disini akan kita lihat ada berbgai budaya yang ada di kalimantan barat ada budaya dayak yang eksotis dan magis, budaya yang unik dari pakain adat samapai tariannya juga kehidupan masyarakatnya yang menyatu dengan alam sungguh budaya yang tiada duanya, ada juga budaya melayu yang unik juga disini ada juga budaya tionghoa tepatnya di kota singkawang yang sudah menjadi bagian dari kalimantan barat, inilah beberapa foto budaya kalimantan barat budaya bumi borneo sebutan untuk pulau kalimantan.

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/02/seputar-tentang-kebudayaan-di-indonesia-tugas-ibd/

0 komentar:

Posting Komentar