Resensi: Film “ We Bought A Zoo”


Sutradara             : Cameron Crowe
Aktor/aktris             : Matt Damon sebagai (Benjamin Mee)
                        Scarlett Johansson  sebagai (Kelly)
                                     Colin Ford  sebagai (Dylan)
                      Maggie Elizabeth sebagai (Rosie)
Penulis                      : Aline Brosh McKemnna,Cameron Crowe
Durasi                        : 2 jam 4 menit
Rilis                            : 23 Desember 2011
Budget                      : $ 50.000.000
Subtitle Rilis           : 21 Maret 2012
Genre                        : Drama,Comedy,Family dan True story
Sinopsis:
Ini adalah sebuah cerita tentang mimpi seorang anak kecil berumur tujuh tahun, hidup di kebun binatang, bersama orang-orang yang menyenangkan sekaligus mencintainya. We Bought A Zoo adalah sebuah dongeng yang diceritakan oleh Cameron Crowe, Matt Damon, Scarlett Johansson, dengan sedikit bantuan dari Sigur Ros di akhir film.
Benjamin Mee adalah seorang jurnalis yang menyukai petualangan, hidupnya berubah ketika ditinggalkan sang istri yang meninggal dunia saat kedua anaknya Dylan berumur 14 dan Rosie 7 tahun. Sebagai seorang ayah yang hidup dari petualangan, yang berarti lebih banyak meluangkan waktu di luar rumah, Benjamin merasa kewalahan mengurusi dua anaknya tersebut, terutama Dylan yang bermasalah dengan interaksi sosialnya di sekolah. Seperti halnya seseorang yang kebingungan karena salah satu pegangan hidupnya menghilang, Benjamin memilih opsi untuk meninggalkan semuanya di belakang dan memulai kehidupan baru di tempat yang berbeda, dengan pekerjaan yang berbeda, bersama orang-orang yang juga berbeda. Enam bulan setelah kematian istrinya, dia memilih untuk berhenti dari pekerjaannya, pindah rumah dan memilih tinggal di sebuah lahan yang sangat luas beserta semua isi dan lingkungannya. Uniknya, Benjamin memilih sebuah kebun binatang sebagai tempat tinggalnya. Yup, they bought a zoo!
Di ‘rumah’ mereka yang baru, keluarga ini bertemu dengan orang-orang yang mengurus kebun binatang itu sebelumnya, salah saunya adalah Kelly Foster sang kepala kebun binatang. Bersama-sama foster dan timnya, Benjamin membangun sebuah kebun binatang yang ditinggal pemiliknya dua tahun ke belakang. Sebuah drama ringan dibentuk, bagaimana membuat kebun binatang yang sudah lama ‘mati’ ini kembali hidup dan menyediakan banyak kesenangan, untuk para pengunjung nantinya, dan yang paling penting adalah untuk Rosie dan Dylan, dua buah hati Benjamin yang merupakan alasan utama kenapa dia memilih tempat tersebut untuk memulai hidup baru.
We Bought A Zoo adalah sebuah drama yang tidak sulit, tapi bukan berarti tidak menyenangkan untuk dinikmati. Film yang diinspirasi oleh keberadaan sebuah kebun binatang yang memenangkan penghargaan terbaik atas bagaimana mereka mengemas kebun binatang (Dartmoor Zoological Park di Devon, Inggris) tersebut adalah sebuah drama keluarga ringan yang saya pikir sangat disarankan untuk anda yang ingin memberikan tayangan hangat untuk keluarga. Satu hal lagi, pada akhir cerita, Crowe yang kita kenal sebagi sutradara yang dekat dengan dunia musik menceritakan keseluruhan cerita dengan musik pengantar dari musik-musik mengagumkan seperti Cinnamon Girl dari Neil Young sampai dengan Holocene dari Bon Iver. Crowe lalu kemudian mengantarkan akhir cerita dengan sangat elegan, menyimpan Hoppípolla di akhir film. Crowe patut diberi banyak kredit untuk melakukan hal tersebut.
Penilaian Pribadi:Menurut saya film ini adalah film yang berkualitas,dengan penyajian yang sederhana namun banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari film ini.Dengan tempat-tempat pengambilan gambar yang bagus dan indah semakin menambah indah film ini.Dan hikmah yang paling menarik dari film ini adalah jangan pernah menyerah saat mengalami masalah karena semua masalah pasti ada jalan keluarnya,serta hidup ditengah kot yang mewah dengan fasilitas yang lengkap tidak  menjamin kebahagiaan dalam hidup kita.
Kritik:Film ini sudah bagus dan menarik untuk disaksikan dan tidak banyak kekurangan didalamnya namun tempat pengambilan gambarnya saja terlalu sedikit,sehingga terkesan agak monoton dari segi latar atau tempat pengambilan gambar.
Saran:Alangkah baiknya jika tempat pengambilan gambar dalam ini lebih diperbanyak sehingga alur cerita dalam film ini lebih menarik untuk disaksikan.

1 komentar:

Matt Damon gak pernah gagal dalam perannya di semua genre, termasuk drama we bought a zoo . the martian menurutku salah satu paling ngetop selain jadi Jason Bourne. Thanks

Posting Komentar